Water Injektion Mesin Diesel
Water
Injection atau sering disingkat dengan Wa-I bukan hal yang baru, bahkan metode
ini sudah digunakan waktu perang dunia ke-2 pada pesawat tempur untuk
meningkatkan tenaga mesin pada saat penyerangan. Panas adalah masalah utama
pada mesin, dan dapat menyebabkan cepatnya kerusakan komponen mesin sehingga
menurunkan performance mesin itu sendiri. Panas pada ruang bakar mesin bisa
mencapai 1100 derajat Celcius. apalagi mesin tersebut menggunakan Turbo atau
SuperCharger.
Gambar water injektion
Sebenarnya
air tidak secara langsung menambah Horse Power mesin, Air memiliki tingkat
ketahanan terhadap panas dibanding dengan bahan bakar premium atau pertamax
sekalipun, dimana air memiliki Latent High Of Vaporization yang sangat tinggi
yaitu dibutuhkan sekitar 540 kalori per gram untuk dapat merubah air menjadi
uap dibandingkan dengan bahan bakar biasa yang hanya cukup dengan 135 kalori
untuk menguapkan BBM, ini menjelaskan kenapa air adalah yang terbaik untuk
menurunkan temperature pada intake dibanding dengan memberikan lebih banyak
BBM, dengan ini kita dapat mensetting timing pengapian mesin menjadi lebih maju
( Advance) untuk mendapat HP yang lebih besar dan membuat lebih LEAN rasio
perbandingan antara udara dengan BBM dimana hal ini dapat lebih mengirit bahan
bakar dan meningkatkan power tanpa resiko mesin menjadi terlalu panas(Over
Heat). Water Injection (Wa-i) bekerja dengan cara menurunkan suhu ruang bakar
yang tinggi, yaitu akibat udara yang dihisap mesin menjadi dingin karena
bercampur dengan kabut air, hal ini bisa sepadan dengan menggunakan bensin
beroktan tinggi sekitar angka oktan 113.
Gambar pemasangan water injektion pada mesin diesel
Temperatur
udara di dalam intake dan ruang bakar ( Commbustion Chamber) yang tinggi dapat
menyebabkan miskinnya kandungan udara(Oksigen) yang terdapat didalamnya
sehingga dapat menyebabkan campuran yang miskin, detonasi/Engine Knock atau
pinging akan terjadi karena campuran udara dan BBM terbakar secara premature
atau terbakar tidak tepat dan sempurna.
Wa-i
bekerja dengan cara menurunkan suhu ruang bakar yang tinggi tersebut, yaitu
akibat udara yang dihisap mesin menjadi dingin karena bercampur dengan kabut
air, dengan demikian dapat memperlambat terbakarnya bahan bakar. Ini
menguntungkan karena timing pengapian bisa dibuat lebih maju (advance) tanpa
gejala knocking (ngelitik), dan power yang dihasilkan mesin menjadi lebih
besar. Secara teori, butir halus air akan terpecah menjadi uap pada suhu panas
ruang bakar, ini menghasilkan tenaga tambahan ekstra bagi mesin. Air yang
digunakan untuk Wa-i ini adalah air murni, bisa pakai Air Aquadest atau Air
Accu botol warna biru. Jangan menggunakan air yang mengandung mineral seperti :
Air Sumur, Air Ledeng, Air Aqua, dsb. Karena akan membuat korosi/ karat. Untuk
hasil lebih bertenaga lagi, air murni dapat ditambahkan pula Alkohol / Methanol
dengan campuran 1:5 sampai 1:3
Keuntungan
Wa-i:
1)
Memungkinkan untuk menyetel campuran bahan
bakar seirit mungkin (LEAN)
2)
Menjaga ruang bakar tetap bersih, karena
selalu terbilas oleh uap air.
3)
Mencegah penumpukan Carbon di ruang bakar
4)
Menjaga stabilitas suhu mesin
5)
Mencegah terjadinya Knocking/Pinging.
6)
Menurunkan kadar polusi
7)
Dapat dicampur dengan alkohol/methanol untuk
mendapatkan nilai oktan yang lebih tinggi.
Kerugian Water injection yaitu:
a)
Karena tidak terjadi Knocking/Pinging,
menjadi susah bagi kita untuk mendeteksi kualitas bahan bakar.
b)
Knalpot relatif perlu perhatian dari
kemungkinan berkarat.
c)
Bisa membatalkan kontrak service bagi mobil
baru yang masih dalam garansi service.
d)
Ada kerja ekstra untuk selalu memantau
kondisi tangki air.
artikel nya bagus tapi sangat susah dibaca kerena tampilan grafis layar nya terlalu gelap
BalasHapusbisakah diberitahu secara detail,tentang alat alatnya dan.cara pasangnya??thanks
BalasHapusCara menguapkan air masuk je ruang intake setelah filter udara bagaimana
BalasHapus