Sistem Pengontrol Pada Honda
Honda Motor akan berperan aktif
dalam menciptakan lingkungan yang lebih baik kepada masyarakat dengan
menawarkan teknologi PGM-FI dengan harga terjangkau untuk semua orang,
mengingat pentingnya sepeda motor dalam kehidupan masyarakat
Indonesia.Penggunaan teknologi sistim suplai bahan bakar dengan kontrol elektronik
( PGM-FI ) mulai diterapkan pada setiap produk sepeda motornya secara bertahap
hingga akhir tahun 2013. Langkah ini merupakan salah satu bentuk kecintaan dan
tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan di Indonesia.
PGM-FI merupakan sistem suplai
bahan bakar dengan teknologi kontrol elektronik yang mampu memasok bahan bakar
dan oksigen secara optimum sesuai dengan kebutuhan mesin di setiap keadaan.
Teknologi ini memberikan banyak manfaat bukan hanya untuk konsumen namun juga
untuk lingkungan sekitarnya.
Manfaat pertama adalah PGM-FI
mampu menyumbangkan emisi yang bersih. Perpaduan sensor cerdas dan catalytic
converter mampu menekan emisi gas buang untuk membuat produknya lebih ramah
lingkungan, AHM mendeklarasikannya jauh sebelum ketentuan emisi gas buang EURO
3 diberlakukan. Manfaat kedua, konsumsi BBM lebih hemat hingga 17%. Hal ini
didapat karena keakuratan teknologi PGM-FI dalam mengendalikan komposisi
pasokan bahan bakar dan oksigen mampu menghasilkan pembakaran yang lebih
efisien.
Manfaat ketiga, mesin lebih
powerfull. Pengaturan kinerja mesin yang telah terprogram pada setiap putaran
mesin memberikan efek akselerasi yang lebih responsif pada motor yang
menggunakan teknologi PGM-FI.
Manfaat lain teknologi PGM-FI
yaitu mudah dalam perawatan karena terdapat sistem kendali elektronik yang
didukung oleh MIL (malfunction indicator lamp) serta kemudahan menghidupkan
mesin dalam segala kondisi suhu udara.
Gambar cruise control
Sistem ini berfungsi untuk menjaga/menstabilkan kecepatan kendaraan
secara konstan. sistem nyaman dipakai saat dijalan tol atau jalan yang sepi,
ini membantu pengemudi menjaga kecepatan tanpa harus menginjak pedal gas saat
berkendara jarak jauh.tombol cruise control biasanya terpasang dibatang kemudi
atau berupa tuas dibawah kemudi. Dan sistem ini terdapat dimobil
bersegmen menengah keatas, seperti : Honda Accord,CR-V,Odyssey.
Bila pengendara berada dijalan bebas hambatan 60 km/jam, dengan menghidupkan cruise control akan otomatis berjalan secara konstan dikecepatan 60 km/jam.Sistem ini juga bisa mengurangi konsumsi bahan bakar karena putaran mesin yang stabil, dengan menginjak pedal gas atau rem, maka aktivasi sistem cruise control akan dibatalkan,dan modus berkendara akan normal kembali.Cruise control bekerja dengan membaca sensor kendaraan yang biasanya terletak didriveshaftlas kopel, spedometer, dan tacho meter
Bila pengendara berada dijalan bebas hambatan 60 km/jam, dengan menghidupkan cruise control akan otomatis berjalan secara konstan dikecepatan 60 km/jam.Sistem ini juga bisa mengurangi konsumsi bahan bakar karena putaran mesin yang stabil, dengan menginjak pedal gas atau rem, maka aktivasi sistem cruise control akan dibatalkan,dan modus berkendara akan normal kembali.Cruise control bekerja dengan membaca sensor kendaraan yang biasanya terletak didriveshaftlas kopel, spedometer, dan tacho meter
2. i-MID
(Intelligent-Multi Information Display)
Perjalanan semakin menyenangkan dengan informasi
lengkap yang ditampilkan pada i-MID yang dilengkapi dengan layar 5 inchi yang
mudah dipantau untuk menampilkan berbagai informasi seperti konsumsi bahan
bakar, pengaturan audio dan dan sistem keamanan kendaraan, hingga dapat
menampilkan foto-foto personal sebagai wallpaper. Semua fungsi tersebut dapat
dikendalikan langsung dari tombol kontrol yang terdapat di roda stir atau
sering disebut Steering Wheel-Mounted Control.
Untuk membantu para
pengguna Honda Insight dalam menyadari manfaat teknologi mobil tersebut,
teknologi terbaru yaitu Ecological Drive Assist System (Eco Assist). Eco Assist
menggabungkan beberapa fungsi :
a)
Econ Mode : Dengan hanya menyentuh satu tombol,
anda dapat menyesuaikan fungsi tenaga mesin yang dikeluarkan, memperpanjang
durasi saat posisi mobil diam, meningkatkan penyetruman ulang pada saat
turunnya kecepatan dan dapat menghemat energi pada unit AC (Air Conditioner). Hasilnya
efisiensi bahan bakar tercapai
b)
Guidance Function : Berfungsi untuk menaksir
percepatan dan pengereman saat mengemudi. Perubahan warna pada speedometer
dapat mengindikasikan efisiensi bahan bakar dari gaya mengemudi. Jika pengemudi
mengendarai mobil secara benar , maka lampu akan menyala hijau yang
menandakan pengemudi mencintai lingkungannya, jika lampu pada speedometer
menyala blue-green, hal ini menunjukan pengemudi cukup efisien. dan terakhir
jika speedometer berwarna biru berarti pengemudi tidak mencintai lingkungannya
sama sekali
c)
Scoring function : berlokasi ditengah instrument
panel. Multi-information display memberikan informasi mengenai angka-angka
(scorring function), angka tersebut mengindikasikan tahap efisiensi bahan bakar
berdasarkan performa pengemudi.
4. Torque
Boost Resonator
Torque
Boost Resonator mengubah aliran udara yang tersedor oleh air intake menjadi
udara bertekanan tinggi. Aliran campuran udara dan bahan bakar berkecepatan
tinggi tersebut menciptakan gerakan udara berputar seperti layaknya efek angin
tornado. Efek tersebut menghasilkan tekanan tinggi pada langkah kompresi untuk
memberikan torsi dan tenaga kuda yang lebih maksimal. Teknologi ini sudah
diterapkan di mesin i-VTEC pada mobil-mobil honda terbaru.
gambar Torque Boost Resonator
5. Rive By Wire Sisitim elektronik
Mengontrol buka tutup katup pedal akselerasi pada
Honda berguna untuk presisi akaselerasi yang maksimal namun hemat bahan bakar
Shift Hold Control ( pada Transmisi AT ) Mengurangi perpindahan yang berlebihan
untuk kenyamanan berkendara dan efesiensi bahan bakar yang maksimal Kenyamanan
teratas di kelasnya , berkat desain tempat duduk yang ergonomis dan kesenyapan
kabin yang mententramkan, plus daya guna maksimal pada sebuah kendaraan kompak
dengan inovasi besar
Tidak ada komentar:
Posting Komentar