Jumat, 26 April 2013

jenis jenis pelumas

C. Jenis – Jenis Pelumas
Pelumas adalah substansi atau material yang dapat menurunkan gesekan dan keausan serta memberikan “smooth running” dan umur yang memuaskan untuk suatu elemen mesin. Pelumas dapat berwujud gas, cair maupun padat. Semua jenis pelumas ini dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu pelumas alam dan pelumas buatan (sintetic).
Dalam aplikasinya, pelumas cair adalah jenis pelumas yang paling banyak digunakan.Pelumas cair memiliki kelebihan yaitu kekuatan geser yang rendah dan kekuatan tekanyang tinggi. Pelumas padat biasanya digunakan pada kondisi dimana pelumas cair tidak dapat bertahan pada permukaan atau pada situasi khusus seperti pada temperatur yang sangat rendah atau sangat tinggi. Sedangkan pelumas berwujud gas atau udara digunakan pada kondisi yang sangat khusus dimana dibutuhkan koefisien gesekan yangsangat rendah.
Adapun Jenis pelumas adalah sebagai berikut:
1.  Pelumas cair (liquid lubricants)
umumnya adalah minyak oli mineral (alam), minyak oli dari tumbuhan atau binatang, dan oli sintetis. Kadang-kadang air juga digunakan pada peralatan dalam lingkungan air. Pelumas memerlukan “additive” untuk meningkatkan kualitas pelumasan untuk keperluan tertentu. Misalnya additive untuk “extreme pressure” diperlukan pada pelumas untuk roda gigi di mana pelumas akan mengalami beban tekanan yang tinggi. Aditif anti oksidasi dan tahan temperatur tinggi diperlukan untuk oli pelumas engine. Oli pelumas diklasifikasikan berdasarkan viskositasdan kandungan aditifnya. Tabel 11.2 menunjukkan beberapa tipe pelumas cair termasuk sifat-sifat dan penggunaannya.

2.  Pelumas lapisan padat (solid-film lubricants)
Ada dua jenis yaitu : material yang memiliki kekuatan geser yang sangat rendah seperti graphite dan molybdenum disulfida (MoS2) yang dapat ditambahkan pada permukaan, coating seperti misalnya phosfat, oksida, atau sulfida yang dapat terbentuk pada suatu permukaan. Grafit dan MoS2 biasanya tersedia dalam bentuk bubuk dan dapat dibawa ke permukaan dengan “binder” seperti misalnya grease atau material lain. Pelumas padat ini memiliki kelebihan dalam hal koefisien gesek yang rendah dan tahan temperatur tinggi.
Pelumas padat dalam bentuk coating dapat dibentuk pada permukaan dengan reaksi kimia atauelektrokimia. Coating ini biasanya sangat tipis dan akan mengalami keausan dalam jangka waktu tertentu. Beberapa aditif pada oli dapat membentuk coating sulfida pada permukaan secara terus menerus melalui reaksi kimia.
Tabel 11.3 menunjukkan beberapa tipe pelumas padat termasuk sifat-sifat dan penggunaannya.

3.  Pelumas Semi Padat (Semi solid Lubricant)
Pelumas yang semi padat (Semi solid Lubricant) Pelumas semi padat ciri khasnya adalah, akan menjadi cair manakala suhu naik, dan sebaliknya akan menjadi kental jika temperatur turun. Contohnya, Gemuk (Grease).
Grease adalah pelumas padat atau semi padat dan umumnya terbuat dari sabun, minyak mineral, dan bermacam-macam bahan tambah serta aditif. Pelumas ini melekat kuat pada permukaan logam dan sangat kental (highly viscous). Viskositasnya tergantung pada laju geseran antar permukaan logam.
Meskipun banyak digunakan secara luas untukmelumasi komponen-komponen mesin, grease mempunyai keterbatasan penggunaan dalam proses pengerjaan logam. Sabun umumnya merupakan hasil reaksi dari garam sodium atau potassioum dengan asam lemak (fatty acids). Sabun alkali larut dalam air, tapi sabun logam umumnya tidak larut. Sabun logam biasa digunakan dalam bermacam-macam proses pengerjaan logam. Jenis pelumas ini merupakan pelumas lapis batas yang efektif dan dapat membentuk lapisan film tebal (thcik-film layers) pada antar muka cetakan dengan benda kerja, terutama ketika digunakan diatas pelumas lapisan konversi. Wax dapat terbuat dari tanaman (paraffin) atau binatang. Wax memiliki struktur yang lebih kompleks. Dibandingkan dengan grease, wax kurang “greasy” dan lebih getas. Wax mempunyai keterbatasan dalam proses pengerjaan logam, kecuali untuk pengerjaan dingin tembaga dan untuk baja tahan karat dan paduan suhu tinggi.

2 komentar:

  1. Kami adalah perusahaan yang khusus menjual produk Pelumas/Oli dan Grease/Gemuk untuk sektor Industri.

    Oli yang kami pasarkan diantaranya untuk aplikasi : Diesel Engine Oil, Transmission Oil, Gear Oil, Compressor Oil, Hydraulic Oil, Circulating & Bearing, Heat Transfer Oil, Slideway Oil, Turbine Oil, Trafo Oil, Metal Working Fluid, Synthetic Oil, Corrosion Preventive, Wire Rope, Specialities Oil dan aneka Grease/Gemuk.

    Kami menjadi salah satu perusahaan yang dapat memenuhi berbagai macam kebutuhan pabrik-pabrik besar di Indonesia, termasuk kebutuhan akan pelumasan khusus.
    Prinsip kami adalah selalu mengembangkan hubungan jangka panjang kepada setiap customer. Bila anda butuh info lebih lanjut, silahkan menghubungi kami.

    Mobile : 0813-1084-9918
    Whatsapp : 0813-1084-9918
    name : Tommy. K
    Email1 : tommy.transcal@gmail.com

    BalasHapus