N. Analisa knalpot motor
freeflow
Fungsi knalpot adalah untuk meredam
hasil ledakan di ruang bakar. Ledakan
pembakaran campuran bahan bakar dan udara berlangsung begitu cepat diruang
bakar. Ledakan ini menimbulkan suara yang sangat bising. Untuk meredam suara
tersebut/gas sisa hasil pembakaran yang keluar dari klep buang tidak langsung
dilepas ke udara terbuka. Gas buang disalurkan terlebih dahulu ke dalam peredam
suara atau muffler di dalam knalpot.
Knalpot
motor pada umumnya dibagi dua jenis, yaitu knalpot motor 2 stroke/2 tak dan 4
stroke/4 tak. Pertama, mesin 2 tak hanya mengalami dua langkah dan mesin ini
tidak dilengkapi dengan katup atau klep. Knalpot pada mesin tipe ini sangat
berperan dalam pembakaran. Knalpot tipe ini harus menghasilkan turbulensi yang
akan membantu kompresi bahan bakar di ruang bakar, yang disebabkan oleh tekanan
balik ke ruang bakar hasil turbulensi tersebut. Perhitungan turbulensi udara
dalam knalpot ini tidak sembarangan, memerlukan perhitungan yang tepat pada
komponen lain pada mesin, seperti waktu pembakaran.
Berdasarkan
riset dan temuan (sekitar tahun 1950-an) ternyata knalpot dapat difungsikan
sebagai penambah tenaga pada mesin 2 Tak. Pada saat itu tepatnya di Jerman
ditemukan sistem Chamber (knalpot yg tengahnya gendut) kita sering lihat pada
motor 2 tak (dan orang menyebutnya knalpot racing). Sebenarnya ini adalah efek
turbulensi yang dibuat optimal.
Oleh
karena itu knalpot racing pada motor 2 tak tidak selamanya dapat meningkatkan
tenaga, tetapi bila settingan karburator dan waktu pembakaran pas, maka
penggantian knalpot racing dapat meningkatkan tenaga motor antara 10% hingga
30%.
Kedua,
Mesin 4 Tak adalah mesin yang bekerja sebanyak empat langkah, yaitu:
Hisap-Kompresi-Usaha-Buang. Letak kehebatan mesin 4 tak ini adalah katupnya,
sedangkan fungsi knalpot pada jenis motor ini hanya untuk menurunkan suhu
akibat kompresi. Bila banyak orang yang berkata bahwa knalpot racing dapat
meningkatkan tenaga mesin itu hanyalah omong kosong. Kalaupun benar-benar naik,
paling tinggi peningkatan tenaganya hanya sampai 5% itupun dikarenakan
penggantian spuyer (main jet dan pilot, pemasok BBM di Karburator).
Akan
tetapi, dengan desain dan hitungan yang baik dan benar dari knalpot yang
tentunya harus lebih baik dari standar, tenaga mesin bisa naik antara 10 hingga
20% bahkan 30%. Knalpot yang secara khusus dirancang untuk meningkatkan performa
mesin secara optimal sering disebut high performance exhaust chamber. Rancangan
knalpot ini tidak boleh melanggar ketentuan polusi suara yang
diizinkan, dihitung
dengan alat pengukur kebisingan.
Dalam teori untuk meningkatkan
performa motor adalah “memasukkan
bahan bakar sebanyak-banyaknya,mempersempit kompresi dan mengeluarkan gas buang
sebersih mungkin” Nah
untuk mengeluarkan gas buang sebersih mungkin adalah tugas dari knalpot.knalpot
racing di rancang untuk mengeluarkan gas sisa sebersih mungkin dengan cara
menghilangkan sekat-sekat pada knalpot sehingga laju gas sisa pembakaran mengalir dengan lancar tanpa
hambatan.
perbeda dengan knalpot standar,para
insinyur pabrikan menciptakan knalpot yang bisa di ajak lari tapi harus
bersuara lembut dan rendah polusi.maka di ciptakanlah sekat-sekat agar suaranya
nggak nyaring.bahkan yang terbaru di motor indonesia sudah banyak yang
menerapkan tehnologi Catalytic Converter,tehnologi ini mampu mengurangi racun
dari gas sisa menjadi gas yang ramah lingkungan.tapi tehnologi ini akan rusak
bila menggunakan bensin bertimbal
knalpot racing untuk motor standart. Disini motor
standart diartikan motor yang masih bawaan pabrik dan cuma ingin mengganti knlapot
standart dengan racing. Dari semua
pabrikan knalpot sering kita jumpai merk seperti knalpot racing AHRS FACTORY, AHAU, AHM EXHAUST, HRP, YOSHIMURA, K9, NOBI dan masih banyak lagi yang
tidak bisa saya sebutkan merknya disini sebenarnya tujuanya sama untuk membuat
performa motor lebih narik walaupun tanpa ubahan atau korek mesin. Hanya
menambahkan free flow atau sedikit ngeloss saja suaranya dan tidak tertahan.
Untuk pemakaian knalpot racing di motor standart
kita harus menyesuaikan dengan pemakai atau rider itu sendiri seperti contoh rider
yang suka dengan akselerasi atau suka main ang agak keras mungkin lebih mantap
pakai knalpot yang bersuara keras dan karakter tenaga yang dikeluarkan
pendek-pendek bagus untuk putaran bawahnya.
Untuk rider yang sering melalui daerah naik turun
seperti daerah pegunungan atau jalan menanjak sebaiknya menggunakan knalpot
free flow saja karena knalpot yang terlalu los biasanya bikin mesin jadi loyo
jika terlalu lama untuk putaran atas apalagi dengan jalan yang menanjak
bisa-bisa mesin overheat karena tidak bisa mengeluarkan panas. Apalagi jika
terlalu los dan pipa knalpot terlalu pendek tidak ada tendangan balik memang
sih putaran bawahnya dapat,tapi piston jika dalam keadaan langkah usaha akan
lebih berat karena piston harus melakukan langkah buang dengan langkah ledak
dari pembakaran tidak diikuti tendangan balik dari knalpot.
Efek dari pamakain knaipot racing tanpa diimbangi
pemakaian yang tepat dan perawatan akan membuat mesin menjadi loyo dan
karakteristik motor akan berubah. Seperti halnya orang jika disuruh bekerja
terlalu keras tidak sesuai dengan keadaan tubuh maka akn terjadi cidera yang
lama.malah akan menambah performa mesin. Logikanya pakai knalpot racing malah
akan membuat flow out pembuangan dari engine menjadi lebih lancar. Hasil
pembakaran akan lebih cepat terbuang. Artinya panas mesin akan lebih cepat
terbuang. Kondisi mesin menjadi lebih dingin.
Draw backnya, suara pasti lebih keras (satuan
desibel dari output bunyi akan lebih besar) Karena peredam bunyi pada silencer
knalpot racing lebih tipis, itu
bisa membuat polusi udara (berlebih) dengan mengeluarkan asap (dalam jangka
waktu agak panjang) dan dalam penggunaan jangka panjang akan membuat baut
pengikat pada komponen akan mudah longgar akibat getaran yang dihasilkan besar
Secara umum dampak penggunaan knalpot freeflow
Dampak positif:
a.
Tenaga mesin meningkat hingga 15%
b.
Tenaga yang dihasilkan kendaraan
lebih kuat, karena tidak ada lagi penghambat (tendangan piston akan semakin
mantaf dan langsung)
c.
Akselerasi mesin meningkat hingga
30%
d.
dapat mempercepat pembakaran dalam
ruang mesin sehingga dapat mencapai akselerasi maksimum dgn waktu lebih
singkat.
e.
Ruang bakar mesin bersih (kerak
berkurang)
Dampak
negatif:
a. top
speed menurun hingga 15%
b. bensin
boros
c. umur
mesin berkurang.
d. suara
bising
e. harga
jual motor turun
f. tanpa
saringan debu dan kotoran masuk mesin, mengganggu pembakaran, akibat lanjut
mesin cepat rusak, Sangat
tidak disarankan. Sebab akan membuat temperature cenderung lebih panas dari
biasanya..
joss... mantap..
BalasHapusagen tiket pesawat
Saya buat knalpot sendiri dari kaleng bekas dan tak ada saringanya baik baik aja tuhh
BalasHapusSaya buat knalpot sendiri dari kaleng bekas dan tak ada saringanya baik baik aja tuhh
BalasHapusKabar Baik, Semuanya.
BalasHapusNama saya Untung Kadu. Saya tinggal di kota bernama Padang di Indonesia, saya juga dari Indonesia. Saya dengan cepat ingin menggunakan media ini untuk membagikan kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada Legit dan pemberi pinjaman kredit nyata yang telah mengubah hidup suami saya dan saya dari rumput menjadi anugerah. Saya dulunya adalah wanita miskin, tetapi sekarang dia telah mengubah saya menjadi orang kaya, karena sekarang saya dapat membanggakan hidup sehat dan kaya tanpa stres atau kesulitan keuangan.
Setelah berbulan-bulan mencoba mendapatkan pinjaman di internet, saya ditipu oleh perusahaan pinjaman lain untuk membayar jumlah total Rp8.700.100, saya menjadi sangat putus asa dalam mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman online yang sah yang tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi Saya memutuskan Untuk menghubungi seorang wanita yang baru saja menerima pinjaman online, kami membahas tentang masalah ini dan kesimpulan kami dia bercerita tentang seorang wanita bernama Mrs. REBACCA ALMA yang merupakan CEO dari Rebacca Alma Loan Company.
Saya mengajukan jumlah pinjaman (Rp 520.000.000) dengan suku bunga rendah 2%, sehingga pinjaman disetujui dengan mudah tanpa stres dan semua persiapan dilakukan dengan transfer kredit, karena kenyataan bahwa tidak ada jaminan yang diperlukan untuk pinjaman transfer, saya hanya diberitahu untuk mendapatkan sertifikat perjanjian lisensi dari mereka untuk mentransfer kredit saya dan dalam waktu kurang dari dua jam dan 20 menit pinjaman disimpan ke dalam rekening bank saya.
Jadi saya ingin menasihati siapa pun yang membutuhkan pinjaman untuk segera menghubungi dia melalui: rebaccaalmaloancompany@gmail.com Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini dan saya berdoa agar Tuhan memberkatinya dan juga keluarganya untuk hal-hal baik yang dia lakukan telah dilakukan dalam hidupku. Ini adalah ibu Whatsapp Number +14052595662
Anda juga dapat menghubungi saya di untungkadum@gmail.com untuk informasi lebih lanjut dan ini adalah email dari teman saya yang merujuk saya ke Rebacca Alma Pinjaman rahimteimuri97@gmail.com. Dia memperkenalkan saya kepada Ny. Rebacca. Anda juga dapat menghubunginya untuk petunjuk lebih lanjut. Tuhan memberkati Anda semua dan semoga beruntung saat Anda mendapatkan milik Anda.