Selasa, 27 November 2012

Busi Pemanas pada mesin diesel



Busi pemanas
Bila mesin diesel dihidupkan dalam keadaan dingin, ruang bakarnya masih dalam keadaan dingin dan tekanan udara kadang-kadang panasnya kurang untuk membakar bahan bakar sehingga mesin sukar dihidupkan. Problem ini sering terjadi pada mesin-mesin diesel yang dilengkapi dengan ruang tambahan (auxiliary chamber), hal ini disebabkab luas areal ruang bakar yang besar. Dengan alasan ini, diperlukan busi pijar pada ruang bakar mesin diesel tipe ruang tambahan. Arus listrik dialirkan ke busi pijar sebelum dan selama mesin dihidupkan untuk memanaskan ruang bakar, dengan demikian dapat diatur temperatur udara yang dikompresikan pada tingkat yang cukup tinggi. Sebagian besar sistem injeksi langsung tidak mempunyai busi pijar, disebabkan mempunyai luas permukaan yang kecil dan sedikit sekali panas yang hilang.
Di areal yang dingin, temperatur udara luar kadang-kadang sangat rendah dan mesin sukar dihidupkan. Dengan alasan ini, pada beberapa mesin diesel dilengkapi dengan intake air heater yang berfungsi untuk menaikkan temperatur udara masuk

Description: http://id.effectivemeasure.net/emnb_18_24121.gif
Kesalahan-kesalahan yang Terjadi pada Busi Pemanas

Seperti yang kita ketahui bahwa busi pemanas berfungsi untuk memanaskan saluran masuk udara atau pada ruang bakar untuk menyediakan panas dan mempermudah peyalaan campuran bahan bakar pada saat star dingin dan engine hidup masih dingin. Apabila terdapat gangguan pada busi pemanas maka ada silinder yang terganggu dan kesalahan ini seperi halnya kalau sistem bahan bakarnya terganggu. Gejalanya adalah permasalahan sulit dihidupkan saat dingin, hidup pincang saat idel dan engine dingin dan banyak mengeluarkan asap putih dari knalpot.

Masalah sulit dihidupkan ini merupakan campuran dari hilangnya panas udara masu dari busi pemanas dan kurangnya temperatur panas yang dihasilkan selama langkah kompresi,sehingga tidak cukup panas untuk membakar campuran udara / bahan bakar. Terdapat satu atau lebih kerusakan busi pemanas pada engine silinder banyak mungkin cukup untuk mennghambat penstarteran engine saat dingin.
Putaran pincang saat dingin merupakan hasil dari silinder yang memiliki masalah busi pemanasnya yang belum hidup sementara silinder lain hidup. Masalah ini akan hilang setelah engine menjadi panas.
Masalah asap putih akibat dari pembakaran tidak lengkap yang terjadi pada silinder yang terganggu busi pemanasnya.

Sumber: 
http://id.shvoong.com/products/auto/2127986-kesalahan-kesalahan-yang-terjadi-pada/


Pada saat pemeriksaan sistem pemanas mula ini, baterai/aki kendaraan yang akan diperiksa harus dalam keadaan kondisi baik. Apabila baterai dalam keadaan kosong / lemah atau sambungan kabelnya jelek, kita akan mendapatkan hasil pemeriksaan yang salah.
Description: http://t1.gstatic.com/images?q=tbn:ANd9GcRsHHIRuTqsC6hCgPID99vya2oHZxThQE_x0yPzy9oObkH75ekVIQ
1. Pemeriksaan dalam Kabin.
Putar kunci kontak pada posisi “GLOW”. Bila dalam kendaraan tidak ada, maka biasanya terdapat saklar tersendiri untuk menghidupkan sistem pemanas. Kalau lampu komtrol mulai menyala sesudah 6-15 detik berarti pemanas mula bekerja dengan baik. Waktu panyalaan lampu kontrol tiap-tiap kendaraan berbeda-beda dapat dilihat pada spesifikasi kendaran.
Description: image
Bila lampu kontrol mulai menyala lebih lambat dari waktu spesifikasi, maka kemungkinan salah satu atau lebih busi pijar tidak berfungsi. Apabila lampu menyala lebih cepat dari waktu yang ditentukan menunjukkan hubungan singkat ke massa setelah lampu kontrol.
2. Pemeriksaan pada ruang mesin.
Pemeriksaan dapat dilakukan dengan menggunakan amperemeter agar mendapatkan hasil yang valid. Pertama-tama, ukurlah arus total yang mengalir (A tot) dan bandingkan dengan spesifikasi. Jika tidak sesuai, harus dilakukan pemeriksaan besar arus pada setiap busi pijar satu per satu. Busi pijar dengan besar arus yang tidak sesuai harus diganti. Pada setiap busi besar arus harus sekitar 5-10 A.
 Description: image
3. Pemeriksaan visual melalui lubang injektor
Hidupkan sistem pemanas dan lihat pada lubang injektor apakah kesemua busi pijar mulai menyala sama cepat. Lakukan tes ini setiap kali injektor dilepas, misal, pada pengetesan tekanan kompresi.
Description: image
4. Pemeriksaan busi pijar pada saat terlepas
Dilihat pada ujung batang pemanas terbakar atau tidak. Hubungkan busi pijar pada baterai 12v. Busi harus menyala merah setelah 6 – 15 detik. Lihat spesifikasi !
Description: image


Petunjuk pemeriksaan busi pijar.
§  Sistem pemanas mula perlu diperiksa setiap 40.000 km, atau pada waktu motor agak sulit dihidupkan. Atau ketika dari knalpot keluar asap hitam dan putaran mesin tersendat-sendat waktu pertama setelah motor hidup. Hal tersebut kemungkinan adanya penyemprotan nosel yang tidak baik. Penyemprotan nozel yang tidak baik itu dapat merusakkan busi pijar dengan cepat. Oleh karena itu, apabila busi pijar rusak selalu periksa bentuk penyemprotan nosel.
§  Busi pijar model batang biasanya dirangkai pararel. Ada beberapa macam busi pijar model batang : model biasa biasa ( waktu sampai nyala 15s ), model cepat ( waktu sampai nyala 6s ) dan busi pijar tipe filamen ( kawat ) biasanya dalam rangkaian seri dan dipakai pada motor yang agak lama

Pada waktu start, kerugian tekanan kompresi diatas torak sangat besar. Saat start dingin keadaan tersebut tidak menguntungkan karena temperatur pembakaran tidak tercapai. Hal ini disebabkan torak, blok motor dan bagian motor lainnya yang masih dingin menyerap panas hasil kompresi yang belum sempurna itu.
Agar temperatur pembakaran bisa tercapai maka diperlukan panas tambahan, yaitu dengan menggunakan pemanas mula / glow plug
Pada motor Diesel injeksi tidak langsung (kamar depan dan kamar pusar) digunakan busi pijar, sedangkan pada motor Diesel injeksi langsung digunakan kawat pemanas atau penyala yang dipasang pada saluran isap.
Sistem pemanas mula 1 hanya membahas sistem pemanas mula pada motor diesel injeksi tidak langsung.

Motor Diesel dengan kamar depan
Description: http://xlusi.com/wp-content/uploads/2010/12/pemanas1-300x235.png
• Tanpa pemanas mula motor dapat distart pada temperatur 50oC
• Temperatur yang tinggi ini disebabkan bidang permukaan kamar depan luas
Motor Diesel dengan kamar pusar
Description: http://xlusi.com/wp-content/uploads/2010/12/pemanas2-300x247.png
• Tanpa pemanas mula motor dapat distart pada temperatur 20oC
• Hal ini mungkin, karena bidang permukaan kamar pusar tidak begitu luas.
Busi pijar batang
Description: http://xlusi.com/wp-content/uploads/2010/12/pemanas3-300x225.png
• Dipasang dalam rangkaian paralel
• Tegangan kerja yang seiring digunakan 9,5V, 10,5V, 18V dan 22,5V dengan daya antara 110W – 120W
• Permukaan batang pemanas luas, memungkinkan waktu untuk memanaskan udara dalam ruang bakar menjadi lebih cepat.
• Untuk busi pijar tipe super RSK waktu pemanasan hanya 4 – 10 detik dan temperatur yang dicapai 750oC – 1000oC.
• Tahan terhadap goncangan dan tekanan yang tinggi (beban mekanis).
• Apabila salah satu busi putus, motor masih bisa distarter dan dihidupkan.

Busi pijar kawat
Description: http://xlusi.com/wp-content/uploads/2010/12/pemanas4-300x226.png
• Dipasang dalam rangkaian seri
• Tegangan kerja tergantung dari jumlah silinder biasanya 0,9V, 1,2V atau 1,7V dengan daya 60 – 70 W
• Waktu pemanasan 15 – 20 detik dan temperatur yang dapat dicapai 800oC – 900oC
• Kurang tahan terhadap goncangan dan tekanan yang tinggi sehingga jenis busi pijar ini jarang digunakan
• Apabila salah satu busi pijar putus, sistem pemanas tidak berfungsi
Contoh-contoh rangkaian pemanas mula
1. TOYOTA
Description: http://xlusi.com/wp-content/uploads/2010/12/pemanas5-300x203.png
1. Ampermeter
2. Kunci kontak
3. Relai busi pijar
4. Busi kontrol
5. Busi pijar
6. Motor starter
Kunci kontak posisi glow, arus pengendali mengalir dari baterai – kunci kontak – terminal 8 – terminal G – masa
Kumparan (8 – E) menarik kontak, arus utama mengalir dari baterai – terminal B – terminal G – Busi kontrol – Busi pijar – masa
Kunsi kontak posisi start, arus pengendali mengalir dari :
• Baterai – kunci kontak – terminal ST – terminal E – masa
Kumparan menarik kontak, arus utama langsung mengalir dari baterai terminal B – terminal S – busi pijar – masa
• Baterai – kunci kontak – terminal 50 – kumparan selenoid – masa
Selenoid menghubung, motor starter mendapat arus utama langsung dari baterai
Selama start berlangsung arus utama tidak melalui busi kontrol. Tegangan pada busi pijar tetap, karena tegangan baterai akan turun waktu motor starter bekerja.
2. Busi pemanas mula (glowplug )
Description: http://fuadmje.files.wordpress.com/2012/01/pemanas3.png?w=300&h=225
Busi pemanas mula  hanya digunakan pada motor berbahan bakar solar (diesel) 4 tak. Busi pemanas mula ini berfungsi untuk memanaskan/ menaikkan suhu didalam  ruang bakar disaat mesin masih dalam keadaan  dingin. Busi pemanas ini sering juga disebut sebagai busi pijar, busi pemanas mula ini lebih sering dipasang pada mesin diesel tipe indirect. Motor diesel bertipe indirect memiliki pertambahan volume yaitu sengan ditambahnya kamar muka/pusar dikepala silinder.
Busi pemanas mula ini memiliki dua jenis yaitu adalah :
1. Jenis kawat yaitu busi pemanas mula yang ujung pemanasnya berbentuk lilitan kawat, untuk jenis busi pemanas mula ini rangkaian nya masih dipasang secara seri 8 Amper sehingga apa bila terjadi kerusakan pada salah satu busi pemanas mula maka yang lain juga tidak dapat bekerja.
2. jenis Batang yaitu busi pemanas mula yang ujung pemanasnya berbentuk batang dan menggunakan rangkaian paralel sehingga apabila salah satu busi pemanas mula terjadi gangguan maka yang lain masih berfungsi dengan baik

9 komentar:

  1. Sip Gan.... makasih. (y)

    BalasHapus
  2. Tapi, Perusahaan dan pabrikan Mobil PT Isuzu, sepertinya tidak pernah lagi memberi busi pijar pada Mobil Panther nya. Paling tidak Mobil keluaran / produksi tahun 2000an. Mereka semua menggunakan sistem injeksi langsung dan sampai sekarang Mobil Panther ku masih awet keluaran tahun 2002 tanpa Turbocharger.

    BalasHapus
  3. Setelah mesin hidup apakah glow plug masih bekerja

    BalasHapus
  4. Bang saya mau tanya mbl saya everest 2005 TDI keluhan saya akhir2 ini setiap ganti busi pemanas yg bukan originalnys ko sering putus empat empatnya kenapa ya....dimana penyebab utamanya...mohon pencerahannya tks.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Busi pemanas yang gk ori payah pak. everest tdi saya dalam 2 atau 3 bulan mati keempat empatnya. udah 2x ganti busi panas kw 2 .

      harus ganti yang asli @ Rp. 325.000/ pc agak awet pak

      Hapus
  5. Aku barusan beli busi pemanas utk everest asli harga 450.000/ pc...pada waktu mlepas busi lama malah patah didalam....solusinya donk....

    BalasHapus
  6. Bang saya punya mobil kuda kalo pagi abis di panasin terus mau di idupin lagi kok pemanasnya sering mati dan mobil gak mau idup lagi,mohon solusinya makasih.

    BalasHapus
  7. Bang mau nanya kenapa ada yang menmengguna busi pijar dan tidak menggunakan busi pija

    BalasHapus
  8. Assalamualaikum. Bang saya mau tanya. Saya punya mesin Daewoo. Diesel. Pake busi pemanas. Ujung yg panas hancur di dalam mngkn terlalu panas.. yg hancuran ga bisa di ambil karna posisi ad di dalam cilinder head.. saya solusi nya saya mau pasang busi pemanas yg baru.kira" bermasalah tdk klo hancuran nya msh tertinggal di dlm head. Mohon pencerahan nya bang.. terimakasih..

    BalasHapus